4 Fungsi Mainan untuk Mendukung Tumbuh Kembang Bayi

4 Fungsi Mainan untuk Mendukung Tumbuh Kembang Bayi

Salah satu cara untuk mendukung tumbuh kembang bayi adalah dengan memberikannya stimulan yang sesuai dengan umurnya. Biasanya bayi dapat bernyanyi atau melakukan repetisi gerakan seperti bertepuk tangan atau belajar mengambil bola 

Namun,  jika dirasa memerlukan peralatan tambahan biasanya produk ini tersedia pada saat akan beli peralatan bayi pada toko langganan terdekat. Dengan demikian ibu akan tahu, produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhan si kecil.

Fungsi Mainan 

Tidak jarang orang menganggap bahwa tidak ada ada manfaatnya seorang anak atau bayi diberikan mainan. Padahal fungsinya tidak hanya sebagai hiburan. Tetapi dengan menggunakan media mainan seorang bayi dapat belajar banyak.  Salah satunya adalah dengan mengenali warna atau mengenali tekstur.

Berlatih Menggenggam

Jika Anda perhatikan bayi pada masa pertumbuhannya akan senang sekali menggenggam mainan. Itu adalah saat terbaik Ia belajar untuk memegang. Diawali dengan mainan yang tidak berbahaya. Kemudian dilanjutkan dengan barang yang lebih besar lagi. Tanpa proses stimulan itu maka kemampuannya untuk memegang benda akan berkurang.

Mengenal Warna

Biasanya mainan bayi itu memiliki warna yang sangat terang bahkan cenderung mencolok. Salah satunya adalah untuk merangsang mata bayi mengenali berbagai macam warna yang berbeda. Dengan demikian ia akan mengetahui mana yang disebut warna hijau atau mana yang disebut warna merah.

Mengenal Logika

Dengan mainan, bayi pun belajar untuk mengenal logika. Salah satunya adalah dengan mengenai jumlah serta berhitung. Misalnya, denga memiliki sebuah boneka.maka orang tua dapat mengajarkan untuk mengenal bahwa mata adalah anggota tubuh yang jumlahnya dua.

Belajar untuk mengenali fungsi bagian tubuh. Misalnya mata untuk melihat,  mulut untuk berbicara,  tangan untuk menyentuh serta kaki untuk kerja. Hal itu dapat distimulasi dengan memanfaatkan mainan boneka yang biasanya berupa panda atau bentuk yang lainnya.

Anak pun dapat belajar berhitung ia bisa mengenal angka 1 dan 2 yang dilambangkan dengan dua tangan. Bayi pun dapat  belajar berhitung sampai 10 menghitung banyaknya jari pada kaki atau tangan amat

Orang tua pun dapat mengenali kelainan yang terjadi pada bayi. Misalnya  cacat mata buta warna. Semakin dini orangtua mengetahui hal tersebut maka akan semakin mudah penanganannya sehingga kejadian tersebut tidak membuat anak merasa rendah diri.

Menstimulasi Kemampuannya Berbahasa

Dengan memiliki mainan maka bayi punya alasan untuk berkomunikasi. Ibu pun dapat mengajarkan nama-nama anggota tubuh dengan memanfaatkan boneka tersebut. Misalnya mengajarkan mana yang disebut dengan mata. Mana yang disebut dengan telinga dan lain sebagainya. Bayi  pun akan belajar mengkomunikasikan apa yang ia dengar dan rasakan dengan baik.

Ibu pun dapat membeli peralatan yang sama pada toko  jual little alpha.Produk yang dimiliki cukup lengkap dan dapat dimanfaatkan untuk membantu menstimulasi perkembangan motorik halus dan kasar pada bayi 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *