Jarang disadari, Ini Tanda Tanda Mau Melahirkan Semakin Dekat

Jarang disadari, Ini Tanda Tanda Mau Melahirkan Semakin Dekat

Apakah Anda sedang hamil tua dan ini kehamilan pertama Anda? Jika ya, Anda mungkin bingung bagaimana tanda tanda mau melahirkan. Selain kontraksi, ada banyak hal yang menandakan bahwa janin siap lahir. Namun, sebagai calon Ibu baru, Anda sering kali tidak menyadari hal tersebut. 

Agar lebih paham, Anda bisa menyimak beberapa tanda menjelang persalinan yang jarang diketahui kebanyakan Ibu hamil. Check it out!

Perubahan mood 

Kebanyakan, Ibu hamil akan sering merasakan perubahan suasana hati menjelang hari persalinan. Namun, banyak yang tak menyadari hal ini. 

Selama kehamilan, tubuh akan mengalami perubahan hormon. Apalagi mendekati HPL, peningkatan progresteron dan estrogen sangatlah drastis. Hal inilah yang menyebabkan mood mudah berubah.  

Selangkangan terasa nyeri

Tanda tanda mau melahirkan yang selanjutnya adalah nyeri di bagian selangkangan. Di minggu-minggu terakhir, bayi turun ke panggul dan menimbulkan tekanan pada daerah tersebut. 

Akibat tekanan tersebut, ada rasa nyeri yang muncul di daerah selangkangan dan sekitarnya. Bahkan, frekuensi BAB dan BAK pada Ibu hamil pun meningkat, buang angin terus menerus, dan sakit perut. 

Tulang belakang terasa sakit

Hal ini pasti akan dialami semua wanita hamil saat hendak melahirkan. Anda akan merasakan sakit pada bagian tulang belakang dan panggul. Ini dikarenakan janin melakukan pergerakan atau pergeseran yang menimbulkan tekanan pada daerah tulang belakang. 

Mudah bernapas

Selama masa kehamilan, wanita akan mengeluh karena terengah-engah dan sulit bernapas setiap beraktivitas. Tapi, Anda bisa bernapas dengan lega di akhir masa kehamilan.

Ini karena bayi sudah mendapatkan posisi terbaiknya di area panggul. Hasilnya, paru-paru mempunyai banyak ruang untuk mengembang dan bernapas dengan mudah.

Nafsu makan berkurang

Ibu hamil akan merasakan morning sickness dan tak berselera makan di awal kehamilan. Hal ini pun akan terulang lagi di trimester akhir. Jika merasa nafsu makan berkurang dan disertai sakit perut, Anda telah mendekati hari persalinan. 

Setelah mengetahu tanda tanda mau melahirkan di atas, Anda bisa lebih waspada dan siaga. Jika sewaktu-waktu Anda merasakannya, Anda bisa segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengarahan yang lebih baik. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *