Pilah Pilih AC untuk Hunian Anda

Pilah Pilih AC untuk Hunian Anda

Saat ini banyak sekali tersedia pilihan ragam jenis pendingin ruangan atau AC yang bisa digunakan di tiap rumah. Tidak hanya jenis AC split wall yang konvensional yang bisa dijadikan pilihan, tetapi AC floor standing juga bisa Anda masukan dalam daftar item wajib untuk rumah Anda. Hal ini memungkinkan, karena jenis AC yang satu ini tidak hanya cocok untuk digunakan pada acara-acara tertentu seperti event seminar atau wedding, melainkan juga cocok digunakan di dalam ruangan terutama untuk rumah yang memiliki area cukup luas.

Selain kedua jenis AC di atas, Anda juga dapat mengecek beberapa jenis AC lainnya yang dapat digunakan di rumah, seperti misalnya jenis AC cassete sampai AC portable yang praktis dibawa kemana saja. Untuk itu Anda perlu mencermati kebutuhan Anda akan pendingin ruangan dan fitur apa saja yang penting dimiliki oleh AC yang dipilih. Simak ulasan tips berikut dalam memilih AC yang sesuai untuk hunian tempat tinggal Anda.

  • Sesuaikan dengan kebutuhan. Jika tempat tinggal Anda memiliki space ruang yang cukup luas, Anda bisa memilih jenis AC dengan unit indoor, floor standing. Karena selain dapat di pindah tempat sesuai kebutuhan, teknologi jenis AC ini biasanya memiliki pendorong udara dingin yang kuat sehingga memungkinkan aliran udara meresapi seluruh sudat ruangan. Namun jika tempat tinggal Anda memiliki sekat-sekat, AC jenis split wall dapat dijadikan pilihan yang tepat.
  • Sesuaikan instalasi dengan bentuk ruangan. Salah satu jenis AC yang memerlukan perencanaan matang sebelum pemasangan adalah jenis AC cassete, di mana jenis AC ini sebenarnya didesain untuk tampil minimalis sehingga tidak mengganggu pandangan. Namun justru hal ini mengharuskan pemilik rumah memikirkan dengan matang penempatan unit indoor serta arus kabel yang mesti dipasang agar fungsi estetik tetap terjaga. 
  • Gunakan AC berteknologi terbaik. Semakin maju perkembangan teknologi tentunya juga berdampak pada inovasi yang dihadirkan tiap jenis dan merek AC untuk hunian. Pastikan Anda memilih AC yang sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru agar penggunaan listrik juga bisa menjadi lebih hemat biaya serta arus kerja AC bisa lebih efektif memberikan kenyamanan bagi penghuni rumah. 
  • Perhatikan fungsi utama. AC yang Anda beli tidak hanya berfungsi sebagai pengatur suhu ruangan, melainkan juga sebagai penjaga kelembapan udara serta mampu membersihkan udara di seluruh ruangan. Singkatnya, AC yang Anda pilih haruslah mampu memenuhi kebutuhan atau fungsi utama di atas alih-alih mengedepankan hanya salah satu fungsi saja. 

Memilih AC atau pendingin rungan mungkin bisa menjadi hal yang mudah, namun jika dipikirkan dengan matang, memilih pendingin ruangan yang tepat tentunya akan menghasilkan kinerja maksimal dan dapat lebih sesuai dengan kebutuhan tempat tinggal Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *