Wagub DKI Minta Pembebasan Lahan di Bantaran Kali Pesanggrahan & Sunter Dipercepat

Wagub DKI Minta Pembebasan Lahan di Bantaran Kali Pesanggrahan & Sunter Dipercepat

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memerintahkan Dinas Sumber Daya Air (SDA) mempercepat pembebasan lahan di bantaran kali. Hal ini bertujuan mencegah banjir di DKI Jakarta. "Kami sudah anggarkan tahun ini, nanti Dinas SDA yang lebih tahu arahan dari pimpinan di lahan lahan yang memberikan kontribusi terbaik bagi pengendalian banjir," kata Ariza, sapannya, saat diwawancarai awak media, di Balai Kota Jakarta, Jumat (5/3/2021).

"Kami arahkan Dinas SDA membuat prioritas lahan yang harus dibebaskan untuk percepatan pengendalian banjir dan daerah mana yang paling cepat mengendalikan banjir," lanjutnya. Menyoal pembebasan lahan, kata Ariza, kemungkinan dilakukan di area Kali Pesanggrahan, Kali Sunter, hingga dekat Muara Angke. Namun, menurut dia, pembebasan lahan tersebut tidak mudah dilakukan karena ada tahapannya.

"Semua program dilaksanakan normalisasi, naturalisasi sumur resapan, drainase vertikal, ruang terbuka hijau, waduk situ embung, pengerukan sungai kali, membuat sodetan sodetn, pintu air, membersihkan lingkungan masyarakat, dan sebagainya," tutur Ariza. Meski begitu, Ariza mengatakan terdapat 7,6 kilometer luas lahan di dekat Kali Ciliwung yang telah dibebaskan. "Iya, ciliwung ada 7,6 kilometer yang sudah bebas, yang bisa dipasangsheet pile," jelas dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *